met sore bro n sis
mimin ada sedikit ilmu ni
mungkin bro n sis
dah pada tau n mengenal yg namanya TOURING,
tapi taukah hal-hal yg bisa mencelakakan dan yg
membahayakan,
ane tau smuanya jg pasti punya pengalaman di setiap touring tersebut,
ada baiknya kalo kita lebih introspeksi tentang kedisiplinan
touring di jalan,
n memahami arti touring tersebut,
bukan sekedar ugal-ugalan n konvoi di jalan
dan mengutamakan ke egoisan di banding keselamatan,
ada beberapa tata cara konvoi di bawah ini,
TATA CARA KONVOI & PERLENGKAPANYA.:
- dibagi dalam beberapa klotur dengan maksimum peserta 10 motor per klotur
jika lebih dari 10-50 motor pastikan yg di depan vokus pada yg di belakang,
pastikan slalu membentuk barisan yg konstan(stabil)
- tidak membentuk garis lurus dengan motor didepannya.
- posisikan motor lebih ke kanan atau ke kiri terhadap motor didepan untuk memberikan jarak menghindar bila terjadi pengereman mendadak.
- atur jarak aman sesuai kecepatan
jarak antara motor di depan n belakang kira-kira 2-5 meter
- pastikan kecepatan tidak melebihi 60 kpj
jika lebih dari itu pastikan yg di depan memantau yg di belakang,
- tidak melanggar lampu merah
n rambu-rambu lalu lintas yg lainya.
- teruskan pesan n perhatikan pesan (tanda)
hand code (kode tangan) dan foot code (kode kaki) kepada peserta dibelakang
- nyalakan lampu penerang jalan (lampu dekat)
- hidupkan lampu hazard (opsional)
- tidak menggunakan lampu strobo ataupun flip-flop(relai sein kanan kiri)
jika ingn mggunakan ampu flip-flop pastikan psisi paling belakang n di depan saja
- tidak menggunakan sirine ataupun pengeras suara,
gunakan seperlunya saja.
- tidak membunyikan klakson terhadap hal yang tidak perlu atau sudah diwakili oleh RS(RIDER SWIPER)
- tidak saling mendahului.
PASTIKAN posisi slalu rapih dan teratur,
- pendengaran tetap dominan terhadap kondisi sekitar
jangan melamun, jika nagntuk atau badan sudah lelah pastikan memberi kode untuk istirahat,
- usahakan n pastikan perlengakapn safety riding yg baik
(sepatu,helm,jaket,sarung tangan,masker bila perlu)
- tidak meninggalkan peserta yang mengalami masalah (troble) dijalan
satu sama lain harus mengawasi n menegor jika pengndara lain terlihan arogan.
-jika berboncengan pastikan yg di bonceng dalam keadaan fit
-pastikan MENGUTAMAKAN KESELAMATAN ANGGOTA N PENGGUNA JALAN LAIN
JANGAN MENGUTAMAKAN KECEPADAN N KEEGOISAN,
kurang lebihnya harap di maklumi
n smgga membantu,
salam hangat n keep brothers hood
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar