met sore bro n sis mimin ada sedikit ilmu ni mungkin bro n sis dah pada tau n mengenal yg namanya TOURING, tapi taukah hal-hal yg bisa mencelakakan dan yg membahayakan, ane tau smuanya jg pasti punya pengalaman di setiap touring tersebut, ada baiknya kalo kita lebih introspeksi tentang kedisiplinan touring di jalan, n memahami arti touring tersebut, bukan sekedar ugal-ugalan n konvoi di jalan dan mengutamakan ke egoisan di banding keselamatan, ada beberapa tata cara konvoi di bawah ini, TATA CARA KONVOI & PERLENGKAPANYA.: - dibagi dalam beberapa klotur dengan maksimum peserta 10 motor per klotur jika lebih dari 10-50 motor pastikan yg di depan vokus pada yg di belakang, pastikan slalu membentuk barisan yg konstan(stabil) - tidak membentuk garis lurus dengan motor didepannya. - posisikan motor lebih ke kanan atau ke kiri terhadap motor didepan untuk memberikan jarak menghindar bila terjadi pengereman mendadak. - atur jarak aman sesuai kecepatan jarak antara motor di depan n belakang kira-kira 2-5 meter - pastikan kecepatan tidak melebihi 60 kpj jika lebih dari itu pastikan yg di depan memantau yg di belakang, - tidak melanggar lampu merah n rambu-rambu lalu lintas yg lainya. - teruskan pesan n perhatikan pesan (tanda) hand code (kode tangan) dan foot code (kode kaki) kepada peserta dibelakang - nyalakan lampu penerang jalan (lampu dekat) - hidupkan lampu hazard (opsional) - tidak menggunakan lampu strobo ataupun flip-flop(relai sein kanan kiri) jika ingn mggunakan ampu flip-flop pastikan psisi paling belakang n di depan saja - tidak menggunakan sirine ataupun pengeras suara, gunakan seperlunya saja. - tidak membunyikan klakson terhadap hal yang tidak perlu atau sudah diwakili oleh RS(RIDER SWIPER) - tidak saling mendahului. PASTIKAN posisi slalu rapih dan teratur, - pendengaran tetap dominan terhadap kondisi sekitar jangan melamun, jika nagntuk atau badan sudah lelah pastikan memberi kode untuk istirahat, - usahakan n pastikan perlengakapn safety riding yg baik (sepatu,helm,jaket,sarung tangan,masker bila perlu) - tidak meninggalkan peserta yang mengalami masalah (troble) dijalan satu sama lain harus mengawasi n menegor jika pengndara lain terlihan arogan. -jika berboncengan pastikan yg di bonceng dalam keadaan fit -pastikan MENGUTAMAKAN KESELAMATAN ANGGOTA N PENGGUNA JALAN LAIN JANGAN MENGUTAMAKAN KECEPADAN N KEEGOISAN, kurang lebihnya harap di maklumi n smgga membantu, salam hangat n keep brothers hood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar